Now you can Subscribe using RSS

Submit your Email

Selasa, 18 Agustus 2015

10 TIPS MUDAH JADI PENULIS PROFESIONAL (PART I)

Unknown
 10 TIPS MUDAH JADI PENULIS PROFESIONAL (PART I)



Cara Menerbitkan Buku Gratis | Halo calon penulis dunia..! Pernah kebayang gak sih dibenakmu bahwa kelak kamu bakal jadi penulis profesional yang karyanya tidak akan diragukan. Hm, contohnya seperti Dewi Lestari, Raditya Dika, dan masih banyak lagi. Apa mungkin kamu bisa jadi penulis profesional dan terkenal seperti mereka ?? Mungkin aja! Kamu harus bisa percaya pada bakatmu. Kamu harus yakin bahwa kamu pasti bisa.. :)

Nah untuk menambah semangat kamu, guepedia mau share nih beberapa tips mudah dan sederhana untuk jadi penulis. Apa aja yaa ??

Dibantu oleh sumber Hipwee.com, kita mulai dari poin pertama tips mudah dan sederhana menjadi penulis..



1. Sering-sering baca karya penulis ternama
Ini akan membantumu lebih peka dalam menulis nantinya. Membaca juga bisa menjadi proses meniru karya-karya besar. Meniru ?? Plagiat dong. Eits, tunggu dulu. Meniru di sini maksudnya kamu bisa meniru bagaimana penulis ternama tersebut bisa menciptakan karya-karya besarnya. Meniru seperti apa sih ciri-ciri naskah yang bagus yang bisa menjadi sebuah karya besar. Jadi meniru dalam artian positif ya kawan.. Kalo kamu jarang membaca, kamu gak akan tau seperti apa tulisan yang bakal jadi hits atau bagaimana menuliskannya. Sebagai penulis, membaca adalah awal yang baik untuk segalanya. 



2. Berlatih, berlatih, dan berlatih
Ingat lah sebuah kalimat, "bisa karena biasa".
Kamu bisa menulis jika kamu membiasakan diri untuk menulis. Membiasakannya seperti apa ?? Dengan berlatih, berlatih, dan berlatih. Berlatih setiap hari agar kamu bisa menulis dengan semakin baik ke depannya.

Berlatih menulis tidak harus langsung menulis naskah buku. Tapi, kamu bisa berlatih dengan membuat tulisan-tulisan pendek, seperti artikel, buku harian, surat pembaca, atau apapun yang merupakan tulisan. Makin sering kamu latihan, tulisanmu akan makin tajam, dan kamu juga akan bisa semakin lepas dalam mengekspresikan pikiranmu.



3. Selalu catat idemu
Ke manapun kamu pergi, bawalah sebuah buku catatan kecil. Buat apa ?? Agar setiap ada ide yang terlintas di kepalamu, bisa langsung kau tuliskan. Jangan terbiasa nunggu nanti, karena ide-ide tersebut gampang menguap dari pikiranmu. Mereka bisa berupa ide cerita, artikel, dan karakter.

Tuliskan juga percakapan menarik yang kamu dengar, bait lagu atau puisi yang membuatmu tergugah, atau bisa juga detil visual dari tempat yang kamu lewati. Ketika kamu baca ulang catatan ini, mungkin aja ada bagian yang menginspirasi kamu atau justru bisa langsung dimasukkan ke cerita yang lagi kamu garap.




4. Ciptakan ritual menulis
Sisihkan waktu khusus dalam satu hari untuk menulis tanpa gangguan, dan jadikan kegiatan ini rutinitas kamu. Kamu bisa ambil waktu pagi, siang, atau tengah malam. Tapi pastikan kamu melakukannya setiap hari setidaknya setengah jam. Lama-lama, kamu akan punya konsentrasi dan kesabaran yang cukup untuk menulis selama beberapa jam per hari. Itu semua bakal membantu kamu jadi penulis yang lebih baik.



5. Tulis aja!
Waktu kertas atau layar laptopmu kosong karena kamu gak tau mau nulis apa, jangan tergoda untuk melakukan hal yang akan memecah konsentrasimu — seperti ngecek Facebook atau rebus mie instan. Jangan. Tetap gerakkan jemarimu dan mulailah menulis apapun yang terlintas di kepalamu.

Ketika kamu udah memulai, proses yang berikutnya akan jadi lebih gampang. Biarkan aja segala ide mengalir, dan kerjakan tanpa berharap jadi sempurna. Semua bisa diperbaiki nanti. Yang penting, tetaplah berada di aliranmu. Kuncinya adalah memulai.

Itu dia tadi kita udah share 5 tips mudah dan sederhana menjadi penulis.. Mau tahu 5 tips selanjutnya ?? Baca artikel kita selanjutnya yaa :)

Dan gak lupa kita akan ingatkan selalu untuk kamu yang siap menjadi penulis, yuk upload sekarang juga naskah beserta covermu di guepedia.com. Keuntungannya ?? Udah kita jelasin atuh di postingan sebelumnya :)

Nih singkatnya aja yaa, keuntungan gabung di Guepedia.com :
- GRATIS
- dapat ISBN
- dipromosikan ke berbagai media promosi online
- dijual versi ebooknya di Google PlayStore
- dapat income per penjualan
- naskah dijamin aman
Mau lebih jelasnya ?? Silakan baca artikel kita terdahulu..



Dan segera upload naskahmu yaa..!

Hubungi kami :
No. telp / sms : 0812 8760 2508
Email : info@guepedia.com

10 TIPS MUDAH JADI PENULIS PROFESIONAL (PART I)

Unknown / Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Coprights @ 2016, Blogger Templates Shared By | Way Templates